3 DIVA - Kedisiplinan Awal Keberhasilan

Kedisiplinan Awal Keberhasilan

Guru kita yang sering disebut Tiga Diva? Yupz… mereka adalah Bu Sri Handayani, Bu Darmi Iriansih, dan Bu Retno Iswahyuti. Kalau mendengar nama itu pasti yang terbayang di benak kalian adalah keras. Eits… tapi tunggu dulu, beliau tidak seperti yang kalian kira kok. Mau tahu, simak yukz..!
Yang pertama adalah Bu Sri Handayani yang akrab disapa Bu Anik. Ibu kelahiran Surabaya, 18 Mei 1960  ini mulai mengajar di Smanti tahun 1984. Awalnya beliau mengajar mata pelajaran Matematika, dan pada tahun 1988 beliau mulai mengajar mata pelajaran Fisika sampai sekarang.
Yang kedua adalah Bu Darmi Iriansih Aminah yang sering dipanggil dengan sebutan Bu Darmi. Beliau lahir  di Surabaya tepatnya tanggal 2 Februari 1962. Beliau telah memiliki jam terbang 23 tahun sebagai guru kimia di Smanti. Jadi tidak heran jika beliau dikatakan sebagai guru kimia senior.
Selanjutnya kita kenalan dengan Bu Retno Iswahyuti yang akrab disapa dengan sebutan Bu Retno. Beliau mengajar mata pelajaran bahasa Inggris khususnya kelas XII. Ibu klelahiran Magetan, 16 April 1965 ini sudah mengajar selama 21 tahun di Smanti, tepatnya sejak tahun 1991.              
Lalu apa yang berbeda ya? Sebenarnya metode pembelajaran yang digunakan sama saja. Yang membedakan adalah adanya kesepakatan dengan anak didiknya. Kesepakatan yang dimaksud yaitu di awal pertemuan beliau bertiga mengadakan kesepakatan dengan anak didiknya dan harus ditaati. Salah satu yang paling kita ingat pasti “we must come on time” . Kalau kita terlambat pasti ada konsekuensinya. Jika kita terlambat pada waktu pelajaran fisika, asalkan Bu Anik belum memulai pelajaran kita akan diberi tugas. Kalau terlambat pada jam pelajaran Bu Darmi tentu saja kita harus out alias belajar di luar. Beda lagi dengan Bu Retno, karena beliau guru bahasa Inggris maka kalau kita terlambat harus memberikan alasan menggunakan bahasa Inggris.
Tapi tenang saja, itu semua demi kebaikan kita juga kok. Beliau bertiga ingin agar anak didiknya disiplin, jujur, dan tentunya berhasil. Beliau bertiga juga sering mengingatkan kalau kita harus on time, disiplin, dan waktu ulangan harus jujur alias tidak boleh nyontek.
Di samping disiplin yang tinggi, beliau bertiga juga memiliki ciri khas sendiri guys. Salah satunya adalah gaya bicara. Kalau Bu Retno dikenal dengan gaya bicara hard rock. Kalau Bu Anik dikenal dengan gaya bicaranya yang langgam. Sedangkan Bu Drami dengan gaya bicaranya yang nge-pop.
Lantas apa harapan beliau bertiga pada anak didiknya? Beliau bertiga berharap agar anak didiknya dapat mencapai apa yang diharapkan selama ini. Selain itu, dengan adanya metode belajar yang digunakan anak didiknya tidak hanya memiliki kecerdasan otak semata. Melainkan mereka mempunyai tiga bentuk kecerdasan yaitu kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, dan kecerdasan spiritual mengingat kedisiplinan anak yang sangat kurang sekali.
So, kalian menjadi tahu kan bagaimana sosok ketiga guru kita tersebut. Jadi kita tidak perlu merasa takut jikalau diberi pelajaran oleh beliau bertiga. Karena sesungguhnya tujuannya adalah agar kita menjadi anak-anak yang hebat dan berhasil. Ingat pesan dari beliau bertiga “Tetap Tingkatkan Rasa Disiplin, karena Semua Berawal dari Kedisiplinan”.*

Galuh Candra_A4

1 komentar:

  1. Assalamu'alaikum...
    dadi kelingan praktek kimia karo bu darmi nang lab.
    ngelarutne natrium.. trus mledak hahahaha....

    BalasHapus