CALON BINI (2019)

1. IDENTITAS FILM


(Link Cover Calon Bini)
https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fid.wikipedia.org%2Fwiki%2FCalon_Bini_(film)&psig=AOvVaw2kagKlzbM9UhYCjppqDi5z&ust=1605875516905000&source=images&cd=vfe&ved=0CAIQjRxqFwoTCKim0dHOju0CFQAAAAAdAAAAABAD

Judul Film       :  Calon Bini

Sutradara         :  Asep Kusdinar

Produser          :  Chand Parwez Servia

                            Fiaz Servia

Pemeran          : - Michelle Ziudith                                                              

                           -Rizky Nazar

                           -Rahardjo Niniek

                           -Karim Cut Mini

                           -Sidik Minati

                           -Atmanegara Butet

                           -Kertaradjasa Ramzi

                           -Maya Wulan

Penulis Naskah  :Titien Wattimena Novia Faizal

Tanggal Liris      :14 Februari 2019

Durasi                 :1 jam 35 menit

Produksi             :Starvision Plus

Rilis                   :14 Februari 2019

2. SINOPSIS

        Cerita yang berawal dari keinginan paman Ningsih menjadi kepala desa. Agar niatnya lancar, Ningsih dipaksa menikahi Sapto  anak orang kaya dan terpandang di desa. Persiapan pernikahan digelar. Sehari sebelum acara pernikahan, Ningsih kabur ke Jakarta. Selain tidak mau menikah dengan Sapto, dia juga masih ingin mengejar cita-citanya, salah satu caranya dengan kuliah. Sapto sangat stres. Seluruh warga kampung pun gempar. Selama perjalanan ke Jakarta, Ningsih semakin membulatkan tekadnya mengejar cita-cita. Ningsih bekerja di Jakarta sebagai pembantu di keluarga besar Oma . Oma dan menantunya tidak begitu harmonis. Namun cucu Oma, Satria Bagus , menjadi penawarnya. Oma dan Satria sangat akrab. Sayangnya Satria harus kuliah di London. Kesedihan Oma tertutupi dengan datangnya Ningsih. Keseharian Ningsih yang ceria dan baik, membuat Oma merasa nyaman. Bahkan ada rencana menjodohkan Ningsih dengan Satria. Tentu hal itu tidak disetujui oleh orang tua Satria. Oleh karena itu, Ningsih harus kembali ke kampung. Dia akan berhadapan lagi dengan Sapto dan pamannya. Satria yang sudah pulang, diberi amanat oleh Oma untuk menjemput Ningsih di kampung. Banyak masalah yang perlu dipecahkan oleh Ningsih dalam hal cita-cita, ego keluarga, serta cinta yang semakin bertumbuh terhadap Satria.

3. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN

Salah satu kelebihannya yaitu Menggunakan genre drama komedi.Yang membuat penontonnya tidak bosan.Menggunakan bahasa campuran Jawa-Indonesia dengan ini film Calon Bini sangat berciri khas.

Kekurangan film ini menurut saya ketika memasuki pengembangan cerita,beberapa kejanggalan mulai bermunculan.Alur plot nya terasa dilebih lebihkan .Kehidupan Ningsih  lebih mudah ketika merantau,dan anehnya dia selalu mengirim pesan dengan pria asing dengan bahasa alay seolah olah dia gadis yang menderita. Kedekatan Ningsih dengan keluarga Satria terasa sangat cepat dan mudah,padahal Ningsih orang Asing.Konflik utama yang dihadirkan sebenarnya sederhana, namun terasa mengganjal dan tidak wajar .Hal paling disayangkan adalah adegan penyelesaian konflik.Semua terasa mudah dan berlebihan,meskipun semua tahu dengan siapa Ningsih akan berjodoh,namun cerita yang dikemas dalam segmen terlalu jelas dan memaksa..

4. PENDAPAT

Pada awal film cerita mengalir dengan menyenangkan karena menghadirkan kehidupan masyarakat pedesaan yang lugu dan bersahaja.Satu persatu tokoh diperkenalkan dengan tidak tergesa sehingga penonton dapat mengenal baik tiap tokoh yang ada dalam kisahnya. Alur kisah dan komedi disajikan dengan menghibur ,namun diluar semua komedi yang dibangun cukup baik dan terasa natural sisi komedi nya dibangun tanpa banyak dialog dan kata kata aneh yang berlebihan .Jika film komedi kebanyakan menyajikan lawakan yang dilontarkan pemainnya,dalam film ini aksi kecil dan tindakan situasi yang diciptakan dapat memancing tawa penonton.Suasana lokal dan budaya Jawa sangat terasa,baik lokasi maupun bahasa. Michelle tampak tenang memerankan Ningsih sebagai gadis Jawa,dia bisa berbahasa kromo alus dengan baik dan natural.

5. KESIMPULAN 

Melalui Ningsih, pesan yang ingin disampaikan bahwa semua wanita berhak mengejar impian dan cita-citanya setinggi langit dan tidak dapat dibatasi oleh siapapun. film Calon Bini juga memiliki pesan kuat bagi wanita-wanita jaman sekarang sekaligus ingin menghapus stigma negatif mengenai sosok perempuan.

                                                                             Oleh Siti Nur Rohmah (X MIPA 1)   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar