IMPERFECT (2019)

1. IDENTITAS FILM


(Link Cover Imperfect)
https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fid.wikipedia.org%2Fwiki%2FImperfect%3A_Karier%2C_Cinta_%2526_Timbangan&psig=AOvVaw0a3xBSZYXEH4KRkW_nH9B7&ust=1605874109188000&source=images&cd=vfe&ved=0CAIQjRxqFwoTCPCzqLLJju0CFQAAAAAdAAAAABAD


Judul Film        :  Imperfect

Sutradara          :  Ernest Prakasa

Produser           :  Chand Parwez Servia

                            Fiaz Servia

Penulis              : Ernest Prakasa

                            Meira Anastasia

Pemeran            :- Jessica Mila

                            -Reza Rahardian

                            -Yasmin Napper

                            -Karina Suwandi

                            -Kiki Narendra

                            -Shareefa Daanish

                            -Dewi Irawan

                            -Dion Wiyoko

                            -Boy William

                            -Ernest Prakasa

Produksi             :Starvision Plus

Rilis                   :19 Desember 2019

2. SINOPSIS

Rara yang terlahir dari rahim seorang model sukses bernama Debby , harus menjalani hidup penuh tekanan bully, body shaming, dan beauty standard lantaran memiliki fisik yang berbeda dengan adiknya, Lulu. Rara bertubuh gendut dan berkulit legam warisan gen sang ayah, Hendro , sementara Lulu begitu langsing dan berkulit putih mulus mengikuti gen ibu mereka.

Memiliki tubuh yang kurang sempurna dalam pandangan masyarakat umum, Rara memiliki kebaikan hati yang tidak dimiliki banyak orang lain. Ia sering membantu mengajar di sebuah sekolah untuk anak-anak jalanan, sehingga membuat Dika jatuh hati dan mau mencintai Rara apa adanya. Rara sangat bersyukur mendapat sosok kekasih seperti Dika, yang mencintai Rara apa adanya. Berbeda dengan nasib percintaan sang adik Lulu, kekasihnya yaitu George . Ia pacaran dengan Lulu hanya untuk sekadar menaikkan followers di Instagram-nya saja, bukan karena tulus dan saling mencintai satu sama lain.

Selain memiliki kebaikan hati yang begitu rupa, Rara juga merupakan sosok cerdas dan setia kawan. Hal itu yang membuatnya bersahabat baik dengan Fey rekan kerja Rara di sebuah perusahaan besar produsen produk kecantikan. Ketika umur Rara 14 tahun, ayahnya tewas dalam kecelakaan di Tol Jagorawi. Setelah itu, rumahnya dijual ibunya dan keluarganya pindah ke rumah baru. Ketika dewasa, Rara bekerja sebagai manajer riset di sebuah perusahaan kosmetik-Malathi yang dipimpin Kelvin . Di Malathi, perusahaan tempat ia bekerja, ia mendapatkan perilaku diskriminatif (kecuali dari sahabatnya) terkait dirinya yang bertubuh gemuk, termasuk Marsha dan dua kawannya,Irene dan Wiwid . 

3. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN

Kelebihan dari film ini menurut saya sangat banyak, karena selain ia memotivasi para wanita di luar sana yang mempunyai masalah dengan tubuh nya sendiri, film ini juga memberi semangat dan dukungan nya kepada wanita di luar sana yang merasa diri nya kurang sempurna yang menyebabkan mereka kurang percaya diri. Selain itu film ini juga mengajarkan kita untuk selalu mensyukuri segala nikmat Tuhan yang telah diberikan kepada kita. Jangan hiraukan perkataan orang yang ada di sekitarmu, tetap fokus kepada dirimu sendiri dan buktikan kepada mereka bahwa kamu mampu melakukan segala sesuatu hal dengan kondisi tubuhmu yang tidak ideal atau bahkan tidak sempurna menurut pandangan mereka diluar sana bahkan mungkin yang ada di sekitarmu.

Kelemahan dari film ini menurut saya ada di geng 4 cewek yang berada di rumah kekasih nya Rara yaitu Dika, karena  perkataan mereka yang kurang enak di dengar atau memakai bahasa yang kotor, meski film ini disajikan untuk umur 13 tahun keatas dan mengundang tawa penonton tapi tetap saja tidak etis untuk didengar. Film ini memang bergenre drama namun, kenyataannya masih belum terlalu kuat dan lebih condong ke komedinya. Sebenarnya cerita di film ini mempunya arti yang sangat besar. Namun, karena memang banyak menyajikan komedi, untuk beberapa momen sentuhan isu yang diceritakan jadi seperti tenggelam begitu saja dan pesannya tidak terlalu tersampaikan dengan sempurna.

4. PENDAPAT

Film yang dibintangi Jessica Mila dan Reza Rahadian ini tergolong sangat ringan. Kamu tidak perlu susah payah memikirkan jalan cerita karena kamu cukup menikmatinya dari awal hingga akhir. Satu hal yang paling menonjol dari film Imperfect adalah isu bullying  yang diangkat sebagai dasar cerita.

Film ini menyadarkan kita dengan cara yang lembut untuk bertoleransi dengan segala perbedaan, bukan sekedar ras, agama, tapi juga fisik. Film ini sangat menghibur, tidak membosankan dan mengundang gelak tawa penonton karena kelakuan para geng 4 cewek kost. Alih-alih menguatkan dramanya, namun plot komedi pada film ini sangat kuat dan membekas bagi penonton. Masing-masing pemeran hampir semuanya mampu memainkannya dengan baik, hingga pesan yang mereka perankan itu tersampaikan.

 Hampir semua tokoh perempuan yang muncul di film ini punya kegelisahan yang umum dialami perempuan kebanyakan. Di sini Ernest mencoba berbicara bahwa insecure itu bisa dirasakan oleh siapa pun, bahkan oleh orang dengan badan yang dinilai sempurna  oleh manusia. Alur cerita yang sederhana dapat membawa penonton ikut memahami kegelisahan yang dialami perempuan. 

5. KESIMPULAN

Pada akhirnya, film ini mau mengatakan pada kita bahwa tidak masalah kalau kamu tak sempurna di mata manusia. Kunci dari bahagia adalah mencintai ketidaksempurnaan yang dimiliki. Perjalanan singkat Rara mampu menjadi penyejuk bagi semua perempuan yang punya s kegelisahan.Pesan yang paling penting dari film ini adalah "Ubah Insecure Jadi Bersyukur".Karena pada dasarnya manusia itu beragam dan mempunyai keunikan, kelebihan, serta kekurangannya masing-masing dan tidak bisa di samakan dengan yang lain.


                                                                             Oleh Siti Nur Rohmah (X MIPA 1)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar